• Jelajahi

    Copyright © Anatomi Tumbuhan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Anatomi Tumbuhan

    Prasetyo Budi
    Kamis, 22 Februari 2018, Februari 22, 2018 WIB Last Updated 2018-02-22T13:37:46Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Ilmu yang mempelajari makhluk-makhluk hidup disebut Ilmu Hayat atau Biologi. Pada garis besarnya, Biologi terdiri atas 2 cabang besar, yaitu:
    1. Ilmu Hewan (Zoologi)
    2. Ilmu Tumbuhan (Botani)
    Beberapa cabang Botani antara lain:
    1. Morfologi Tumbuhan
    2. Anatomi Tumbuhan
    3. Fisiologi Tumbuhan
    4. Sistematik Tumbuhan
    5. Ekologi Tumbuhan
    6. Genetika Tumbuhan
    7. Geografi Tumbuhan
    8. Pertanian
    9. Kehutanan
    Salah satu cabang Botani yang menarik untuk dipelajari adalah Anatomi Tumbuhan. Ilmu ini mempelajari tentang susunan dan bentuk-bentuk bagian dalam organ-organ tumbuhan. Adapun materi yang dibahas dalam Anatomi Tumbuhan meliputi:
    1. Konsep Sel: Teori dan konsep sel;  Sejarah penelitian selPenyelidikan Sel.
    2. Protoplasma:Plasma Sel (Sitoplasma), Inti Sel (Nukleus), Plastida
    3. Benda-Benda Mati dalam Sel (Benda Ergastis), Bentuk-Bentuk Kristal Kalsium Oksalat
    4. Membran Sel dan Dinding Sel: Lapisan-Lapisan Dinding Sel, Fungsi Dinding Sel
    5. Pembelahan Sel dan Pembelahan Inti
    6. Kromosom
    7. Organisasi Internal Tubuh Tumbuhan
    8. Jaringan dan Sifatnya
    9. Jaringan Muda (Meristem)
    10. Jaringan Dasar (Parenkim)
    11. Jaringan Pelindung (Epidermis)
    12. Jaringan Mekanik (Kolenkim dan Sklerenkim)
    13. Jaringan Pengangkut (Floem dan Xilem)
    14. Idioblas
      Organ Tumbuhan 
      Organ tumbuhan biji yang penting ada 3, yakni: akar, batang, daun.Sedang bagian lain dari ketiga organ tersebut adalah modifikasinya, contoh: umbi modifikasiakar, bunga modifikasi dari ranting dan daun.
      AKAR
       Asal akar adalah dari akar lembaga (radix), pada Dikotil, akar lembaga terus tumbuh sehinggamembentuk akar tunggang, pada Monokotil, akar lembaga mati, kemudian pada pangkal batangakan tumbuh akar-akar yang memiliki ukuran hampir sama sehingga membentuk akarserabut.Akar monokotil dan dikotil ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra, yang fungsinyamelindungi ujung akar sewaktu menembus tanah, sel-sel kaliptra ada yang mengandung butir- butir amylum, dinamakan kolumela.
      1. Fungsi Akar
       a. Untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah b. Dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makananc. Menyerap air dam garam-garam 
      2. Anatomi Akar
      1. Pada akar muda bila dilakukan potongan melintang akan terlihat bagian-bagian dari luar kedalam.a. Epidermis b. Korteksc. Endodermisd. Silinder Pusat/Stelea. EpidermisSusunan sel-selnya rapat dan setebal satu lapis sel, dinding selnya mudah dilewati air. Bulu akar merupakan modifikasi dari sel epidermis akar, bertugas menyerap air dan garam-garam mineralterlarut, bulu akar memperluas permukaan akar. b. KorteksLetaknya langsung di bawah epidermis, sel-selnya tidak tersusun rapat sehingga banyak memiliki ruang antar sel. Sebagian besar dibangun oleh jaringan parenkim.c. EndodermisMerupakan lapisan pemisah antara korteks dengan silinder pusat. Sel-sel endodermis dapatmengalami penebalan zat gabus pada dindingnya dan membentuk seperti titik-titik, dinamakantitik Caspary. Pada pertumbuhan selanjutnya penebalan zat gabus sampai pada dinding sel yangmenghadap silinder pusat, bila diamati di bawah mikroskop akan tampak seperti hutuf U, disebutsel U, sehingga air tak dapat menuju ke silinder pusat. Tetapi tidak semua sel-sel endodermismengalami penebalan, sehingga memungkinkan air dapat masuk ke silinder pusat. Sel-seltersebut dinamakan sel penerus/sel peresap.d.Silinder Pusat/SteleSilinder pusat/stele merupakan bagian terdalam dari akar.Terdiri dari berbagai macam jaringan :- Persikel/PerikambiumMerupakan lapisan terluar dari stele. Akar cabang terbentuk dari pertumbuhan persikel ke arahluar.- Berkas Pembuluh Angkut/VasisTerdiri atas xilem dan floem yang tersusun bergantian menurut arah jari jari. Pada dikotil diantara xilem dan floem terdapat jaringan kambium.- Empulur Letaknya paling dalam atau di antara berkas pembuluh angkut terdiri dari jaringan parenkim.
      BATANG
      Terdapat perbedaan antara batang dikotil dan monokotil dalam susunan anatominya.
      1. Batang Dikotil
       Pada batang dikotil terdapat lapisan-lapisan dari luar ke dalam :a. EpidermisTerdiri atas selaput sel yang tersusun rapat, tidak mempunyai ruang antar sel. Fungsi epidermisuntuk melindungi jaringan di bawahnya. Pada batang yang mengalami pertumbuhan sekunder,lapisan epidermis digantikan oleh lapisan gabus yang dibentuk dari kambium gabus. b. KorteksKorteks batang disebut juga kulit pertama, terdiri dari beberapa lapis sel, yang dekat denganlapisan epidermis tersusun atas jaringan kolenkim, makin ke dalam tersusun atas jaringan parenkim.c. EndodermisEndodermis batang disebut juga kulit dalam, tersusun atas selapis sel, merupakan lapisan pemisah antara korteks dengan stele. Endodermis tumbuhan Anguiospermae mengandung zattepung, tetapi tidak terdapat pada endodermis tumbuhan Gymnospermae.d. Stele/ Silinder PusatMerupakan lapisan terdalam dari batang. Lapis terluar dari stele disebut perisikel atau perikambium. lkatan pembuluh pada stele disebut tipe kolateral yang artinya xilem dan floem.Letak saling bersisian, xilem di sebelah dalam dan floem sebelah luar.Antara xilem dan floem terdapat kambium intravasikuler, pada perkembangan selanjutnya jaringan parenkim yang terdapat di antara berkas pembuluh angkut juga berubah menjadikambium, yang disebut kambium intervasikuler. Keduanya dapat mengadakan pertumbuhansekunder yang mengakibatkan bertambah besarnya diameter batang.Pada tumbuhan Dikotil, berkayu keras dan hidupnya menahun, pertumbuhan menebal sekunder tidak berlangsung terus-menerus, tetapi hanya pada saat air dan zat hara tersedia cukup, sedang pada musim kering tidak terjadi pertumbuhan sehingga pertumbuhan menebalnya pada batangtampak berlapis-lapis, setiap lapis menunjukkan aktivitas pertumbuhan selama satu tahun, lapis-lapis lingkaran tersebut dinamakan Lingkaran Tahun.
      2. Batang Monokotil
       Pada batang Monokotil, epidermis terdiri dari satu lapis sel, batas antara korteks dan steleumumnya tidak jelas. Pada stele monokotil terdapat ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipekolateral tertutup yangartinya di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium. Tidak adanya kambium padaMonokotil menyebabkan batang Monokotil tidak dapat tumbuh membesar, dengan perkataan
      lain tidak terjadi pertumbuhan menebal sekunder. Meskipun demikian, ada Monokotil yangdapat mengadakan pertumbuhan menebal sekunder, misalnya pada pohon Hanjuang (Cordylinesp) dan pohon Nenas seberang (Agave sp).
      DAUN
      Anatomi-daun
      Daun merupakan modifikasi dari batang, merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun.Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian :1. EpidermisEpidermis merupakan lapisan terluar daun, ada epidermis atas dan epidermis bawah, untuk mencegah penguapan yang terlalu besar, lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. Padaepidermis terdapatstoma/mulut daun, stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukarangas dari dan ke luar tubuh tumbuhan.2. Parenkim/MesofilParenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel, yakni palisade (jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang), keduanya mengandung kloroplast. Jaringan pagar sel-selnya rapat sedang jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang, sehingga masih terdapat ruang-ruang antar sel.Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplastnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang.3. Jaringan PembuluhJaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang, terdapat di dalam tulang daundan urat-urat daun.

      Jaringan Pada Hewan
      Jaringan Epitel adalah jaringan yang melapisi bagian permukaan tubuh hewan multiseluler, baikpermukaan luar maupun permukaan dalam.Fungsi umum epitel ialah sebagai pelindung (proteksi) dan menyeleksi apa saja yang masuk dan keluartubuhMacam Jaringan EpitelEpitelium pipih selapisLokasi: Peritorium yang membatasi rongga tubuh, endotelium pada permukaan dalam pembuluh darahdan jantung, alveolus paru-paru, dinding luar kapsula. Bowman dalam ginjal, selaput gendang telinga,pleura, timica serosa dari perikardium.Fungsi: Difusi atau filtrasiEpitelium pipih berlapis banyakLokasi: Epidermis kulit, rongga mulut, esofagus, lapisan dalam anus, uretra, vagina.Fungsi: Proteksi/perlindungan.Epitelium kubus selapisLokasi: Kelenjar dan salurannya, permukaan luar ovarium, permukaan dalam lensa mata, epitelberpigmen retina, tubulus reanalis.Fungsi: Sekresi dan absorpsiEpitelium kubus berlapis banyakLokasi: Saluran kelenjar keringat, kelenjar minyak, kelenjar ludah, pengembangan epitel di ovarium dantestis .Fungsi:Sekres.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +